728x90 AdSpace

Latest News

Powered by Blogger.
24 October 2014

Duta Musium Jateng akhirnya terpilih dari finalis Grand Final Duta Museum Jateng 2014

Grand Final Duta Museum Jateng 2014, Foto / Badi Uzz KW (17-18/10)
kabarwisata.com - SEMARANG – Setelah menjalani masa karantina selama tiga hari dan dilanjutkan dengan malam Grand Final Pemilihan Duta Musium Jawa Tengah 2014 di Aula Musium Ranggawarsita Jumat dan Sabtu (18-19/10) kemarin. Sebanyak 45 finalis Seleksi Duta Museum Jawa Tengah 2014 diseleksi oleh para juri. Sebagai ajang yang pertama kali diadakan, para Duta Musium yang terpilih diproyeksikan akan memberikan warna baru dalam dinamika promosi musium terhadap masyarakat.
Dengan menjaring para finalis mulai dari 45 finalis, menjadi 24 finalis dan mengerucut menjadi 6 finalis. Dari enam finalis tersebut dipilihlah para finalis yang akhirnya menyandang juara. Sebagai juara I dikukuhkanlah peserta asal Jepara yakni Bellinda Wasistiyana DewantySedangkan juara II diraih oleh peserta asal Jepara juga, Kaharisma, dan peserta asal Wonosobo Dini Puspita Hapsari sebagai Juara III. Ketiganya berhak mewakili museum dan mempromosikan kepada masyarakat dalam tiap even yang ada. “Mereka adalah anak muda yang luar biasa dan berada diluar perkiraan kami karena ternyata masih menyimpan rasa peduli eksistensi museum bagi masyarakat. Mereka nanti diharapkan kembali membangun reputasi museum lebih baik dan lebih dekat dengan masyarakat,” tutur Steven Timisela, Kepala Museum Ranggawarsita.

Finalis Grand Final Duta Museum Jateng 2014, Foto / Badi Uzz KW (17-18/10)
Sedangkan, Juara Harapan I diraih Ertris Bergas Taqwdaswintrani, Juara Harapan II oleh Tris Susilo, dan sebagai Juara Harapan III Anna Maria Danu. Terpilihnya para juara Duta Museum memiliki peran strategis yang mampu memberikan citra positif kepada 48 museum yang tersebar di Jawa Tengah. “Dengan kreasi yang bagus ini merupakan upaya strategis sebagai upaya agar mendapat hati dan cinta di masyarakat,” tambah Steven.
Sementara, Kepala Bidang Seni dan Film Dinbudpar Jateng, Budianto yang turut menyaksikan acara mengatakan jika para Duta Museum terpilih berarti tak hanya mencintai dan menyayangi museum namun juga sebagai bukti pelestarian budaya peradaban bangsa Indonesia dimasa lalu,” katanya.  
Dia mengakui persepsi masyarakat terhadap museum di Jawa Tengah relatif kurang positif. Hal tersebut menjadi tantangan duta terpilih untuk mengubah image baru, khususnya anak muda untuk lebih mencintai museum.
Seleksi pemilihan Duta Museum Jawa Tengah 2014 ini sudah dilakukan sejak Agustus 2014 dimulai dengan mengirimkan berkas secara manual maupun online. Tahap selanjutnya adalah seleksi berkas dilanjutkan seleksi esai. Peserta lolos seleksi awal berjumlah 180 peserta dan berlanjut pada seleksoleh Tim Juri Museum Jawa Tengah tentang gagasan mempromosikan museum yang menjaring 124 peserta berlanjut tahap berikutnyaSelanjutnya, peserta memasuki tahap audisi berhasil mengerucutkan jumlah peserta menjadi 45 finalis dan berhak mengikuti pembekalan.
Budiyanto berharap dengan terpilihnya para Duta Museum dapat dijadikan model atau contoh mewakili generasi muda sehingga museum semakin berkembang dan dicintai. “Museum lebih bisa masuk di hati masyarakat, tak lagi terkesan kolot dan kuno. Sehingga kunjunganpun akan naik pula,” tukasnya. 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Duta Musium Jateng akhirnya terpilih dari finalis Grand Final Duta Museum Jateng 2014 Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top